Posisi Meditasi yang Baik

Dalam menjalankan hidup dan kehidupanya, manusia diberikan berkah karunia oleh Yang Maha Kuasa yaitu diberikan Pikiran, Perasaan dan tubuh fisik didalam satu kesatuan yang disebut MANUSIA.

Pikiran, perasaan dan tubuh fisik mempunyai fungsi dan peranan masing masing agar supaya manusia dapat menjalankan hidup dan kehidupanya sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh Sang Pencipta, agar bisa menjadi makhluk yang sempurna di semesta raya ini.

Meditasi adalah salah satu metode untuk melakukan keselarasan Pikiran, Perasaan dan Tubuh fisik, pengolahan rasa. Meditasi banyak sekali jenis dan bentuknya, tetapi secara garis besar Meditasi adalah melakukan pengamatan terhadap diri sendiri secara utuh untuk dapat hidup dimasa kini  untuk menjalankan hidup dan kehidupan sebagai seorang manusia, dalam rangka bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas semua berkah KaruniaNYA.

Meditasi secara teratur dapat dijadikan  cara sederhana untuk mencapai ketenangan . Manusia bisa menjalankan hidup dan kehidupanya dengan tenang , damai dan selaras apabila manusia dapat memahami dan mengerti bagaimana keterkaitan dan keterikatan tubuh fisik, pikiran dan perasaan. Meditasi dimungkinkan untuk dapat menyelaraskan Tubuh Fisik, Pikiran dan perasaan.

Pada umumnya Meditasi dilakukan dengan posisi duduk bersila. Yang perlu diperhatikan dalam proses meditasi adalah kenyamanan dan ketenangan suasana sekitarnya

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani mengatakan, pastikan posisi tubuh nyaman saat meditasi. “Meditasi sebaiknya kita duduk dalam posisi yang nyaman sehingga dapat mengalihkan perhatian dari sakit tubuh fisik,” kata Amrit.

Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk. Amrit menjelaskan, tulang belakang merupakan sitem saraf pusat yang menghantar impuls ke seluruh tubuh. Jika tulang belakang tegak, tubuh bisa menghantar impuls lebih baik.

Posisikan telapak tangan terbuka dan rileks. “Kalau tangan dibuka, energi akan mengalir. Zaman sekarang sudah bisa dilihat dengan foto aura,” jelas Amrit.

Kemudian, pejamkan mata selama meditasi berlangsung. Saat meditasi, dapat mengunakan iringan musik yang pelan.

Amrit mengatakan, posisi duduk tertentu dan mata terpejam dilakukan untuk membuat seseorang lebih fokus terhadap diri sendiri dan menutup  panca indra . Misalnya, mata ditutup agar kita bisa lebih fokus terhadap pikiran dan perasaan. Begitu juga dengan telinga yang diberi alunan musik agar bisa membantu tubuh fisik mencapai titik rileksasi yang maksimal.

Lakukan meditasi secara rutin sekitar 10-15 menit. Pada awalnya perlu kedisiplinan dan tekad yang kuat untuk dapat melakukan meditasi dengan baik. Memperhatikan keluar masuknya napas dan mengistirahatkan pikiran, adalah salah satu metode untuk dapat mengkondisikan tubuh fisik masuk kedalam kondisi rileks.

Salah satu pendiri The Golden Space Master Umesh H Nandwani mengatakan, meditasi juga bermanfaat untuk kepekaan indrawi dan menyelaraskan pikiran perasaan dan tubuh fisik, serta memunculkan rasa syukur yang dalam terhadap seluruh Berkah Karunia Cinta Kasih YANG MAHA KUASA.

 

salam damai,

sejahtera.

Namastee

Berbagi itu indah...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*